:: Sebaiknya 6 Makanan Ini Tidak Dikonsumsi Mentah ::

Sebaiknya 6 Makanan Ini Tidak Dikonsumsi MentahTidak semua makanan dari alam disarankan untuk dimakan secara mentah. Daun singkong, misalnya, disarankan untuk memasaknya dahulu sebelum dikonsumsi sebagai lalapan atau diolah menjadi menu sayur. Pasalnya, dalam daun singkong tersimpan zat sianida yang dapat menjadi racun kalau masuk ke dalam tubuh.

Begitu pula dengan jenis bahan makanan lain, ada beberapa yang sebaiknya Anda masak dahulu sebelum dikonsumsi. Dikutip dari laman Boldsky, berikut makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara mentah:

1. Daging ayam. Ayam sebaiknya dimasak dengan suhu tinggi agar bakteri yang menempel dapat mati. Memakan ayam mentah dapat merusak usus Anda.
2. Terong. Dalam terong terkandung zat yang disebut solanin. Akumulasi solanin dalam tubuh menimbulkan sifat neurological dan gastrointestinal. Beberapa gejala yang muncul adalah muntah, kram perut, pusing, dan diare. Oleh sebab itu, ada baiknya terong diolah dulu dengan memasaknya.
3. Kentang. Makanan yang biasa dipakai sebagai pengganti nasi pada penderita diabetes ini punya kandungan solanin dan chaconine yang tinggi. Ini zat yang dapat mengganggu tubuh. Selain itu jauhi kentang yang berwarna hijau.
4. Kacang. Dalam kacang terkandung zt bernama glikosida sianogen. Zat ini adalah asam amino yang beracun dan bisa dihilangkan dengan merendam atau menggilingnya.
5. Kacang merah. Dalam kacang merah terkandung racun alami bernama lektin. Kalau racun ini menyerang, gejala yang muncul adalah mual berjam-jam.
6. Biji pir atau apel. Kedua biji ini mengandung bahan kimia yang disebut amygdalin yang tidak baik bagi kesehatan. Kalau makan buah ini sebaiknya buang bijinya.

Leave a comment