10 makanan sehat kaya serat

CNI DC715 - 10 makanan sehat kaya seratJika Anda memiliki masalah pencernaan atau berisiko tinggi terkena penyakit jantung atau diabetes, dokter mungkin menyarankan bahwa Anda menyertakan lebih banyak serat dalam diet harian Anda. Jika Anda mencoba untuk meningkatkan asupan serat harian Anda, berikut ini adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi, seperti dilansir Livestrong.

1. Kacang-kacangan
Kacang mengandung banyak serat. Menurut ahli gizi, kacang hitam dan kacang merah merupakan salah satu sumber serat terbaik. Anda bisa mendapatkan sekitar 15 g serat atau lebih per 1 cangkir penyajian.

2. Buah Berry
Buah-buahan merupakan sumber serat yang baik. Menurut ahli nutrisi, raspberry, blackberry dan elderberry adalah sumber terbaik dari serat makanan, dengan 8 sampai 10 g serat per porsi/1 cangkir.

3. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi, beta-karoten dan serat. Menurut ahli gizi, sayuran hijau seperti bayam, lobak hijau, dan hijau bit, adalah sumber serat terbaik. Satu cangkir penyajian berisi 4 sampai 5 g serat.

4. Jagung
Jagung mengandung banyak antioksidan. Sekitar setengah cangkir biji jagung, mengandung 2 gram serat. Popcorn (tanpa garam atau bumbu) juga merupakan sumber serat pangan, dengan sekitar 3,5 gram serat per tiga cangkir penyajian.

5. Alpukat
Alpukat adalah sumber serat terbaik, dengan dua sendok makan per porsi alpukat memiliki sekitar 2 gram serat dan seluruh daging buah mengandung sekitar 10 gram serat. Alpukat juga merupakan sumber yang baik dari asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Edamame
Edamame adalah jenis kedelai hijau besar. Setengah cangkir edamame dapat berisi hingga 11 gram protein dan 9 gram serat, tergantung pada merek produk yang Anda beli tentu saja.

7. Beras
Jika Anda makan nasi putih, dengan tekstur kenyal dan rasa gurih, tetapi beras merah tampaknya bisa menjadi pilihan terbaik karena, setiap cangkir beras merah mengandung 3,5 gram serat.

8. Pir
Seperti kebanyakan buah-buahan yang bisa dimakan dengan kulitnya, pir adalah buah yang paling bergizi dan kaya serat ketika dikonsumsi secara utuh. Pir mengandung sekitar 5,5 gram serat.

9. Brokoli
Kita semua tahu bahwa brokoli baik untuk kesehatan. Brokoli dapat mencegah kanker dan juga mengandung banyak serat. Anda akan mendapatkan sekitar 5,1 gram dalam cangkir brokoli rebus.

10. Apel
Seperti buah pir, apel adalah buah yang harus dimakan dengan kulit. Karena di sanalah, nutrisi dari apel disimpan. Sebuah apel ukuran biasa mengandung sekitar 4,4 gram serat.

Leave a comment