Makan lebih banyak serat dapat menurunkan risiko stroke

CNI DC715 - Makan lebih banyak serat dapat menurunkan risiko strokeSerat adalah bagian dari tanaman yang tidak terserap tubuh selama proses pencernaan. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa serat makanan dapat membantu mengurangi faktor risiko untuk stroke, termasuk tekanan darah tinggi yang disebabkan kolesterol “buruk” (LDL).

Dalam studi baru, para peneliti menemukan bahwa setiap kenaikan tujuh gram serat dalam asupan harian total dikaitkan dengan penurunan 7 persen terhadap risiko stroke. Satu porsi pasta gandum, ditambah dua porsi buah atau sayuran, menyediakan sekitar 7 gram serat, kata para peneliti.

“Asupan makanan yang kaya serat, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan, penting bagi semua orang terutama bagi mereka yang memiliki faktor risiko stroke seperti kelebihan berat badan, merokok, dan memiliki tekanan darah tinggi,” kata Diane Threapleton, M.Sc. Ph.D. di University of Leeds, Inggris.

Peneliti menganalisis delapan penelitian yang diterbitkan antara 1990 – 2012. Studi yang dilaporkan pada semua jenis stroke, khususnya risiko stroke iskemik yaitu stroke yang terjadi karena penyumbatan pembuluh darah ke otak dan stroke hemoragik yaitu terjadinya pendarahan pembuluh darah ke otak. Temuan dari studi digabungkan dengan faktor-faktor penyubang risiko stroke seperti usia dan merokok.

Hasil didasarkan pada serat makanan total. Asupan serat harian rata-rata antara orang dewasa AS lebih rendah dari rekomendasi American Heart Association yaitu 25 gram per hari. “Kebanyakan orang tidak mendapatkan tingkat asupan serat yang direkomendasikan, dan meningkatkan serat dapat menurunkanĀ  risiko stroke,” kata Threapleton.

Di Amerika Serikat, stroke adalah penyebab keempat kematian yang membunuh lebih dari 137.000 orang setiap tahunnya. Di antara korban selamat, penyakit ini merupakan penyebab utama kecacatan. Selain mengikuti diet bergizi, American Heart Association merekomendasikan secara fisik aktif dan menghindari rokok untuk membantu mencegah stroke dan jantung lainnya dan penyakit pembuluh darah. (medicalxpress)

Leave a comment