:: 5 Vitamin Yang Membuat Awet Muda ::

5 Vitamin Yang Membuat Awet MudaCNI DC715 – Jika merasa tidak muda lagi, yang harus kita lakukan bukan sekedar membeli alat-alat kosmetik untuk menghilangkan atau menutupi kerutan di wajah. Para ahli dermatologis mengatakan, makanan yang diberikan kepada tubuh sama pentingnya untuk meremajakan kulit. Inilah 5 vitamin dan kandungannya yang dapat mencegah penuaan.

1. Vitamin C
Banyak ditemukan pada buah jeruk, vitamin C sangat bermanfaat untuk memproduksi kolagen, memperbaiki kulit rusak, serta menjaga tulang dan gigi kita tetap sehat. Vitamin C tidak hanya melindungi dari sinar matahari, tapi juga dapat menghilangkan kerutan. “Vitamin C dapat mencegah penuaan kulit kita,” ujar Patricia Farris, dermatologis dari Old Metairie.

2. Vitamin A
Makanan seperti kentang, mangga, dan wortel mengandung antioksidan yang berasal dari vitamin A. Retinol, yang merupakan pembentuk vitamin ini, bekerja di dalam sel-sel tubuh, memukul reseptor yang membantu tubuh berfungsi layaknya ketika muda. Retinol juga menghambat penghancuran kolagen yang berfungsi melembabkan kulit.

3. Vitamin D
Vitamin lain pencegah penuaan adalah vitamin D. Ketika berbicara tentang cara mencegah penuaan, jangan lupakan juga kesehatan tulang. Kerusakan tulang menjadi efek yang paling kuat dalam proses penuaan tubuh kita. Vitamin D mengandung kalsium yang dapat menjaga tulang kita tetap kuat. “Salah satu hal yang membuat wajah kita keriput adalah rapuhnya tulang. Semakin sehat tulang kita, semakin bagus struktur tulangnya, dan kita juga semakin terlihat lebih muda,” kata Farris.

4. Vitamin K
Patricia Farris mengatakan, kebanyakan komplain dari pasiennya yang berusia di atas 50 tahun adalah soal memar di tubuh dan kulit, terutama di bagian lengan. Vitamin K membantu kolagen di kulit tetap utuh sehingga kulit juga tetap tebal – mengurangi risiko munculnya luka bahkan kantung mata.

5. Vitamin E
Vitamin E sangat bagus, terutama ketika digabungkan dengan vitamin C, dapat membuat sel-sel tubuh menjadi sehat. Vitamin E melawan radikal bebas dalam sel yang mana melindungi sel dari kerentanan. Vitamin E menyediakan pelindung matahari bagi kulit.

Itulah 5 vitamin pencegah penuaan. Sebaiknya mulai konsumsi makanan yang mengandung vitamin-vitamin tersebut sehingga kita bisa awet muda! (Intisari-online.com)

Leave a comment