:: Kopi dan Buah Delima, Beberapa Asupan yang Dipercaya Jauhkan Pikun ::

Beberapa Asupan yang Dipercaya Jauhkan PikunCNI DC715 Pikun atau mudah lupa rentan menyerang orang-orang di atas usia 50 tahun. Pikun atau yang dalam istilah kedokteran disebut demensia, terjadi karena neuron otak yang mendukung ingatan jangka panjang melemah.

Pakar mengatakan bahwa olahraga teratur dan menjaga tubuh tetap bugar dapat menjauhkan Anda dari pikun di usia tua. Namun jika tak sempat rutin berolahraga, Anda dapat mencoba asupan makanan atau minuman ini.

Dikutip dari detikHealth, beberapa asupan ini dipercaya dapat membantu Anda menambah daya ingat, mulai dari segelas kopi tiap hari hingga konsumsi buah delima.

1. Kopi
Menurut penelitian, secangkir kopi tiap hari bisa memperkuat ingatan. Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 100 orang di Johns Hopkins University, Baltimore, Maryland.

2. Diet Mediterania
Kebiasaan menambahkan minyak zaitun dan kacang-kacangan atau biasa disebut dengan diet Mediterania ini diketahui dapat menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung dan stroke hingga 30 persen.

3. Buah Beri
Buah beri seperti bluberi dan strowberi diketahui memiliki manfaat mencegah demensia dan penyakit Alzheimer karena kandungan flavonoid-nya. Flavonoid dapat melintasi penghalang aliran darah ke otak dengan mudah dan terbukti mengurangi penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

4. Buah Delima
Studi menunjukkan, buah delima atau dikenal dengan buah pome bantu untuk menghentikan penyebaran gejala alzheimer. Menurut tim University of Huddersfield, kandungan punikalagin dalam buah ini bantu mencegah inflamasi yang dapat merusak sel otak.

5. Ikan
Studi mengatakan bahwa makan ikan sedikitnya satu kali dalam seminggu sudah cukup memberikan efek perlindungan bagi otak sehingga tak mengalami penurunan kognitif seperti pikun meskipun ‘diterpa’ penuaan.

“Bahkan kandungan asam lemak omega-3 pada ikan tak hanya baik untuk otak, tapi juga kesehatan orang yang memakannya secara menyeluruh. Kemampuan kognitif mereka terjaga walaupun hanya dengan makan ikan,” tandas peneliti Dr James Becker dari University of Pittsburgh, Pennsylvania.

Leave a comment