:: 8 Sayuran Ini Perlu Diperkenalkan Sejak Bayi ::

8 Sayuran Ini Perlu Diperkenalkan Sejak BayiCNI DC715 Sebagian ibu baru mungkin bingung saat harus memberikan makanan pertama pada bayinya. Tentu, makanan yang aman dan bernutrisi terbaik yang akan dipilih, termasuk sayuran.

Pada umumnya, dokter anak menyarankan sayuran hijau karena rasanya tak semanis sayuran kuning dan buah. Jika anak mencoba makanan manis terlebih dahulu, ia akan malas memakan makanan yang hambar. Coba perkenalkan sayuran ini kepada bayi sesuai tingkatan umurnya:

1. Wortel
Kaya betakaroten, wortel bisa jadi tambahan nutrisi untuk bayi. Tingginya kandungan vitamin A di dalamnya dapat menyehatkan mata dan membantu tubuh melawan infeksi. Wortel juga serbaguna, bisa dicampur dengan buah, daging, atau sayuran lain, serta bisa dipotong-potong atau dibuat pure.

Cocok untuk bayi usia: 6 bulan ke atas

2. Ubi
Ubi juga kaya betakaroten dan sangat serbaguna, bisa dicampurkan dengan sayuran, buah, dan daging. Rasanya manis dan ringan.

Cocok untuk bayi usia: 6 bulan ke atas

3. Buncis
Buncis yang dibuat menjadi pure bisa jadi cara sehat memperkenalkan anak kepada sayuran. Jenis sayur ini tinggi vitamin A dan serat.

Cocok untuk bayi usia: 6 bulan ke atas

4. Labu kuning
Labu kuning kaya gizi seperti vitamin C, zat besi, dan sebagainya. Labu yang juga disebut waluh inipun rendah lemak dan kalori serta tinggi serat. Cocok dipadukan dengan sayuran yang tak manis seperti zucchini dan buncis, serta buah dan daging.

Cocok untuk bayi usia: 6 bulan ke atas

5. Bayam
Bayam yang tinggi kalsium dan antioksidan ideal untuk bayi yang beranjak besar. Sayuran berdaun hijau ini kaya gizi, di antaranya vitamin A, zat besi, dan selenium. Meski demikian, bayam juga tinggi nitrat, jadi jangan berikan berlebihan.

Cocok untuk bayi usia: 8 bulan

6. Kentang
Karena tinggi karbohidrat dari tepung, kentang sebaiknya tidak diberikan kepada bayi sampai usia 8 atau 10 bulan ke atas. Bagaimanapun juga, pure kentang kaya potassium dan cocok dipadukan dengan beragam sayuran.

Cocok untuk bayi usia: 8 bulan

7. Brokoli
Brokoli sehat dan mengenyangkan serta tinggi vitamin A dan K. Namun, sayuran kaya serat ini mungkin tak cocok bagi sistem pencernaan bayi yang terlalu muda. Karena itu, tunggulah sampai si bayi agak besar.

Cocok untuk bayi usia: 8 bulan

8. Kembang kol
Kembang kol banyak mengandung vitamin C dan serat. Namun, hati-hati karena serat di dalamnya bisa membuat sistem pencernaan bayi bermasalah dan menimbulkan gas.

Cocok untuk bayi usia: 8 bulan

Leave a comment