:: Nutrisi Agar ABG Pertumbuhannya Optimal ::

Nutrisi Agar ABG Pertumbuhannya OptimalCNI DC715 Melewati masa anak-anak, orang tua juga harus memperhatikan nutrisi saat anak beranjak remaja. Sebab, banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kinerja tubuh agar tetap optimal hingga dewasa.

Walau saat masa remaja sulit menerapkan pola makan sehat, sajikan camilan dan lauk sehat saat makan. Beberapa bahan makanan dengan kandungan nutrisi jangan sampai terlewatkan agar pertumbuhannya optimal.

1. Zat besi
Remaja perempuan mempunyai risiko kekurangan mineral ini, terlebih lagi saat memasuk masa menstruasi. Untuk itu, penuhi kebutuhan zat besi dengan pemberian daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau gelap, buah kering, dan kacang.

2. Zinc Mineral
Zinc mempunyai peranan penting untuk sistem reproduksi, imunitas, dan endokrin. Remaja dengan asupan zinc yang cukup (11 miligram per hari) memiliki risiko pertumbuhan lebih rendah dan penyakit jantung. Kacang almond, daging, telur, dan bijian merupakan bahan makanan tinggi kandungan zinc.

3. Asam lemak omega 3
Asam lemak ini baik untuk menjaga kesehatan otak dan membangun hormon yang seimbang. Selain kacang dan bijian, ada sumber hewani yang tak kalah lezat seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel.

4. Camilan rendah kalori
Ngemil disukai anak hingga dewasa, tapi Anda bisa menggantinya dengan camilan sehat. Salah satu camilan rendah kalori dan kaya nutrisi adalah popcorn yang diberi taburan cabai bubuk atau sedikit mentega.

5. Hindari minuman kalori kosong
Ganti minuman ringan bersoda dengan smoothies berbahan yogurt. Ajarkan untuk membuat jus buah atau infused water yang manis tapi menyehatkan.

Leave a comment