:: 5 cara menghindari dan mencegah keracunan karena buah dan sayur ::

5 cara menghindari dan mencegah keracunan karena buah dan sayurCNI DC715 Di balik manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, memang buah, sayur, serta herbal juga mengandung racun jika dikonsumsi secara tidak benar. Mulai dari cara penanaman yang tidak tepat, atau kandungan racun yang terdapat dalam tanaman itu sendiri, bahkan sampai cara pengolahan yang keliru dapat menyebabkan keracunan bagi manusia. Seperti yang ditulis buku Awas, Ini Dia Buah, Sayur, dan Herbal Beracun, berikut ini adalah beberapa cara menghindari atau mencegah keracunan karena buah dan sayur.

1. Mencuci buah dan sayur yang hendak dikonsumsi. Namun sebelumnya tangan Anda sudah dicuci bersih sehingga tidak ada kuman, bakteri, atau virus yang bisa menempel pada buah, sayur, atau herbal yang akan dicuci.

2. Cuci buah, sayur, dan herbal secara bersih menggunakan air yang mengalir. Tujuan menggunakan air mengalir tidak lain adalah supaya residu yang menempel dan kadang sampai mengering pada bagian kulit buah dan sayur bisa terangkat.

3. Gunakan sikat gigi atau sikat lembut untuk membersihkan pestisida yang terdapat pada buah dan sayur. Tidak lupa pula tetap membilasnya dengan air mengalir.

4. Untuk sayuran yang berdaun, maka buang daun terluarnya dan kemudian bilas menggunakan air bersih dan mengalir. Setelah itu, kupas kulit buah dan sayur yang memiliki kulit tebal, terutama buah dan sayur yang dilapisi lilin, atau bisa juga dicuci dengan air hangat yang dicampur garam dan air lemon atau cuka.

5. Usahakan tidak mencuci buah menggunakan detergen atau sabun. Kemudian untuk lebih amannya, Anda bisa membeli sayur atau buah organik. Selain itu, jangan mengonsumsi buah, sayur, maupun herbal dalam jumlah yang berlebih. Pastikan Anda mengonsumsinya secara berkala tidak langsung sekali waktu dalam jumlah cukup banyak.

Nah, itu tadi beberapa cara menghindari atau mencegah keracunan karena buah dan sayur. Semoga bermanfaat.

Leave a comment