:: 4 Penyebab Tidur Bisa Turunkan Berat Badan ::

4 Penyebab Tidur Bisa Turunkan Berat BadanCNI DC715 Terlalu banyak tidur dan jarang bergerak sering dikaitkan dengan kemalasan dan lemak tubuh. Tapi jangan salah, tidur juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Kurang tidur sebenarnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jika sedang berdiet, tak ada salahnya untuk mulai memperhatikan kualitas tidur di malam hari. Kualitas tidur akan membantu menurunkan berat badan.

Berikut beberapa alasan tidur dapat membantu Anda menjadi lebih langsing, seperti dilansir Mag for Women.

1. Mengontrol metabolisme
Tidur yang baik akan membantu menjadi lebih rileks, dan baik untuk kontrol metabolisme. Ketika metabolism naik, Anda akan mencerna makanan lebih mudah dan tidak cepat merasa lapar. Tidur juga mengurangi nafsu makan untuk makanan ringan yang bisa membuat cepat gemuk.

2. Mencegah stres
Kurang tidur akan membuat hormon kortisol meningkat. Peningkatan kadar kortisol akan menyebabkan nafsu makan yang lebih tinggi dan membuat cepat gemuk. Selain itu, dengan tidur yang cukup dan kortisol yang rendah, Anda akan memiliki banyak energi dan dapat membakar lemak lebih cepat.

3. Ghrelin dan Leptin
Tubuh juga memproduksi ghrelin dan leptin, hormon yang dapat membuat ingin makan lebih banyak. Hormon ini meningkat dengan waktu minimal tidur. Oleh karena itu, dengan tidur yang cukup secara teratur, Anda akan mengurangi jumlah hormon ini dan membantu diet.

4. Proses insulin
Kurang tidur akan mengurangi produksi insulin hingga 30 persen. Hal ini menyebabkan lemak disimpan lebih cepat dalam tubuh. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan tidur akan membantu proses produksi insulin menjadi normal, dan membantu mencegah penumpukan lemak. (JIBI)

Leave a comment