:: Banyak makan kentang tidak akan bikin jadi gemuk ::

Banyak makan kentang tidak akan bikin jadi gemukCNI DC715 Sebagai masyarakat Indonesia, nasi adalah makanan pokok yang utama. Padahal banyak makanan mengandung karbohidrat di sekitar Anda yang bisa Anda jadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Salah satunya adalah kentang.

Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk, makan banyak kentang tidak hanya bisa membuat Anda kenyang namun juga tidak akan membuat Anda menjadi gemuk. Alasannya, kentang sangat rendah akan kadar glikemik di dalamnya. Kadar glikemik atau indeks glikemik sendiri adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dalam tubuh setelah Anda mengonsumsi karbohidrat tertentu. Kadar glikemik yang tinggi sanggup memicu kenaikan glukosa darah penyebab diabetes dan kegemukan.

“Banyak orang masih kebingungan apakah kentang bisa menyebabkan Anda menjadi gemuk atau tidak. Jawabannya adalah tidak. Sebab kentang sendiri merupakan karbohidrat yang rendah akan kadar glikemik. Anda bisa memasukkannya sebagai bagian dari menu diet Anda. Namun Anda juga harus memperhatikan cara pengolahannya. Menggoreng kentang justru dapat membahayakan kesehatan Anda. Sehingga lebih baik Anda merebus, mengukus, atau memanggangnya,” jelas pemimpin penelitian ini Dr Britt Burton-Freeman dari the Illinois Institute of Technology.

Di samping itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kentang adalah makanan super sehat sebab mengandung potasium lebih banyak dari pisang serta mengandung vitamin C di dalamnya.

Leave a comment