:: Mengenali Gejala Artritis Reumatoid ::

Mengenali Gejala Artritis ReumatoidArtritis Reumatoid (AR) merupakan radang sendi yang apabila tidak ditangani dengan sedini mungkin maka dapat menimbulkan cacat permanen. Oleh sebab itu, penting untuk mengenali gejalanya sedini mungkin juga.

Menurut dokter reumatologi dari RSCM Jakarta, Rudy Hidayat, semakin dini ditemukan dan diberikan penanganan yang tepat, fase remisi akan lebih mudah tercapai.

Gejala awal yang bisa diwaspadai seperti peradangan pada sendi yang ditandai dengan warna merah, bengkak dan hangat. Umumnya ada lebih dari tiga sendi yang bengkak dan berlangsung lebih dari enam minggu.

Cara lain untuk mengetahui AR dengan tes remas di sendi pergelangan tangan dan kaki. Bila terasa nyeri pada saat penekanan, bisa dicurigai sebagai AR. Karena nyeri yang ditimbulkan menandakan adanya peradangan sendi.

Bila ada peradangan dan nyeri sendi, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter reumatologi atau penyakit dalam untuk menegakkan diagnosa.

“Setelah mendapatkan pengobatan, perjalanan penyakit juga harus diamati. Walau belum ada obat yang bisa menyembuhkan, namun kita bisa mencapai fase remisi agar tetap memiliki kualitas hidup yang baik,” kata Sekjen Perhimpunan Reumatologi Indonesia tersebut. (beritasatu.com)

Leave a comment