:: 9 Hal Yang Tidak Perlu Anda Tolerir Dalam Hidup Ini ::

10 Hal Yang Tidak Perlu Anda Tolerir Dalam HidupDi saat orang mengatakan ‘masih ada hari esok’, ada juga yang berkata, ‘hidup itu singkat’. Well, pada dasarnya hidup ini hanya sekali dan waktu tak akan bisa mundur kembali. Oleh karena itu meski tidak semua hal baik harus kita lakukan di hari ini, bukan berarti kita bisa lengah untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat kan ?

Paula Davis Laack dalam Psychology Today, mengungkapkan ada 9 hal yang tidak perlu Anda tolerir dalam hidup ini. Supaya Anda lebih bahagia, sehat dan ulet, hindari untuk mentolerir 9 hal ini dalam kehidupan Anda.

Hidup Tidak Sehat
Lebih dari separuh masyarakat dalam suatu negara mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Membangun gaya hidup yang lebih sehat, sejatinya membantu Anda menambah kebahagiaan hidup. Bila Anda termasuk dari separuh yang tidak sehat itu, lakukanlah perubahan kecil. Konsistensi dalam melakukan perubahan kecil akan memberi dampak besar bagi hidup Anda.

Pasif
Kehidupan seseorang terkadang berjalan dengan sangat lambat atau malah jalan di tempat. Hal ini dikarenakan faktor ketakutan, keraguan maupun karena tidak tau mau ke arah mana kehidupan itu dibawa. Untuk mencapai suatu goal yang besar, ambil langkah kecil dulu. Sekalipun mimpi Anda nampak besar dan luar biasa, langkah kecil akan membuat Anda terbiasa hingga mampu meraihnya dengan langkah-langkah yang lebih sulit.

Berpikiran Negatif
Melihat makin meningkatnya kesulitan di dunia profesional saat ini dan seberapa sering Anda direnteti informasi negatif, akan cenderung menjadikan Anda pribadi yang pesimis dan berpikiran negatif. Jangan khawatir, tangkal dengan humor. Penelitian menyebutkan bahwa humor mampu membangun emosi yang positif, meredakan rasa sakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi perasaan jengkel maupun kecemasan.

Tidak Terorganisir
Kehidupan yang tidak teroganisir sangatlah mempengaruhi produktivitas. Buatlah jadwal atau sistem atas kebiasaan-kebiasaan baik Anda. Tahukah Anda? Pekerjaan yang luar biasa itu menggambarkan betapa pentingnya sistem dalam dunia bisnis. Sehingga ide-ide yang muncul dalam kondisi apapun tetap dapat terakomodir dengan baik.

Stres Kronis
Sebuah laporan mengatakan bahwa 75-90% dokter, dikunjungi karena orang mengalami stres. Beraneka ragam faktor yang menyebabkan stres meliputi pekerjaan, keamanan kerja maupun masalah personal. Bila Anda mengalami hal ini, segera lakukan konsultasi dengan ahlinya untuk segera mendapatkan penanganan profesional.

Terlalu Memikirkan Pendapat Orang Lain
Kadang kita berlebihan dalam membayangkan apa yang dipikirkan orang lain pada kita. Apakah saya sudah berpakaian dengan baik? Apakah saya sudah menangani hal ini dengan baik? Apakah saya sudah mengatakannya dengan benar? Bila ini terus-terusan terjadi, lama-lama Anda bisa meledak. Cobalah untuk lebih yakin dengan apa yang Anda lakukan. Caranya adalah dengan meningkatkan kepercayaan terhadap diri Anda sendiri dan tanggung jawab atas apa yang akan Anda lakukan. Pendapat orang terdekat bisa jadi menjadi barometer, tapi menjadi diri Anda sendiri itu jauh lebih penting.

Menanti Kesempurnaan
Pada dasarnya tidak ada yang sempurna di dunia ini. Penantian akan kesempurnaan ini bisa jadi merupakan bentuk dari ketakutan akan kritikan ataupun keinginan untuk menunda melakukan suatu hal. Misalnya, Anda menunda untuk menikah karena mencari sosok yang sempurna. Atau Anda menunggu si sosok sempurna itu, karena Anda gengsi pada teman-teman Anda bila pasangan Anda tidak cukup bagus untuk diceritakan. Jangan khawatir, rumput tetangga mungkin lebih hijau, namun kita tidak tahu dengan jelas apa yang terjadi dalam kehidupan orang lain. Jadi, raihlah sesuatu, ambillah keputusan lalu syukurilah dan itulah tanggung jawab Anda.

Membenci Pekerjaan
Bila Anda tidak merasa cukup baik dengan pekerjaan Anda, mungkin Anda bisa mencari pekerjaan yang lebih cocok dan layak. Namun bukan berarti Anda bisa terus-terusan menjadi tupai yang meloncat dari satu pohon ke pohon lain. Bisa jadi itu malah membahayakan reputasi Anda di kalangan profesional. Yang perlu Anda lakukan adalah mencintai pekerjaan. Mungkin pekerjaan itu tidak sesuai, namun dapat menjadi awalan baik untuk meng-up grade pengalaman dan skill Anda. Butuh proses untuk bisa mapan dan hidup layak dan ketekunan adalah kuncinya.

Boros
Saat ini Indonesia sedang dibanjiri produk-produk yang mutakhir, seperti gadget, kosmetik, otomotif dan lain-lain dengan harga yang tentunya sesuai dengan kualitas. Anda bisa memiliki semua itu, namun Anda juga harus memiliki planning keuangan yang baik. Pentingnya rencana keuangan ini adalah untuk menanggulangi kebutuhan masa mendatang atau kebutuhan yang tidak terduga.

Sebuah quote dari Justice Oliver Wendell Holmes mengatakan, “Terlalu banyak orang yang mati dengan lagu lama yang masih bersama mereka.” Mungkin artinya adalah karena banyak orang yang masih mentolerir hal yang salah dalam kehidupannya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda akan mulai mengurangi toleransi tidak baik dalam hidup Anda?

Leave a comment