:: 6 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan ::

6 Manfaat  Kunyit Bagi KesehatanKunyit lebih banyak dikenal sebagai bumbu dapur. Rempah ini pun dijadikan bumbu utama untuk membuat rendang dan ayam goreng.

Namun, tak hanya itu. Kunyit ternyata punya manfaat tersembunyi bagi kesehatan. Dilansir laman Huffington Post, berikut enam keistimewaan kunyit.

1. Mengobati penyakit maag
Sebuah penelitian tahun 1989 menyebutkan bahwa kunyit terbukti lebih ampuh meredakan mulas dan gangguan pencernaan. Tak heran jika penyakit maag bisa diatasi dengan minum kunyit secara rutin setiap hari.

2. Mencegah serangan jantung
Senyawa pada kunyit yang disebut curcumin diketahui efektif membuang plak pada jantung. Orang yang rajin mengonsumsi kunyit berisiko lebih rendah terkena serangan jantung.

3. Menguatkan kondisi kesehatan pasien diabetes
Selain baik bagi jantung, senyawa curcumin pada kunyit juga mampu menahan perkembangan penyakit diabetes pada seseorang.

4. Mencegah kanker
Menurut penelitian American Cancer Society, senyawa curcumin dapat menganggu molekul yang berperan aktif dalam perkembangan sel kanker.

5. Pelindung otak
Dalam penelitian terbaru ditemukan senyawa aromatic turmerone pada kunyit. Senyawa ini diketahui penting dalam melindungi batang otak, serta mengurangi risiko penyakit alzheimer.

6. Meredakan radang sendi
Senyawa curcumin pada kunyit memiliki sifat anti peradangan yang tinggi, sehingga menjadi obat efektif bagi penderita rematik atau radang sendi.

Leave a comment