Circadian Rhythms Dan Penuaan Dini

CNI DC715 Dari balik tidur kitaTidur manusia dan pola bangun sebagian besar diatur oleh Circadian Rhythms yang terkait erat dengan siklus 24 jam terang dan gelap. Jam Circadian Rhythms ini juga mengontrol fungsi tubuh lainnya, seperti metabolisme dan pengaturan suhu.

Studi pada hewan telah menemukan bahwa ketika ritme berubah, masalah kesehatan termasuk obesitas dan gangguan metabolisme seperti diabetes bisa timbul. Studi orang yang bekerja shift malam juga mengungkapkan peningkatan kerentanan terhadap diabetes.

Sebuah studi baru dari MIT menunjukkan bahwa gen yang disebut SIRT1 memiliki peran kunci,   untuk melindungi terhadap penyakit penuaan.

Karena SIRT1 protein itu sendiri ditemukan menurun dengan penuaan pada tikus normal, temuan ini menunjukkan bahwa obat yang meningkatkan aktivitas SIRT1 pada manusia bisa memiliki manfaat kesehatan yang luas, kata Leonard Guarente, Profesor Novartis Biologi di MIT.

“Jika kita bisa menjaga SIRT1 seaktif mungkin seiring bertambahnya usia, maka kita akan bisa memperlambat penuaan pada jam pusat di otak, dan manfaat kesehatan akan memancar dari itu,” kata Guarente.

“Apa yang sekarang muncul adalah gagasan bahwa mempertahankan Circadian Rhythms cukup penting dalam pemeliharaan kesehatan, dan jika rusak harus dibayar dalam kesehatan dengan penuaan.”

Untuk menyelidiki peran SIRT1 dalam Circadian Rhythms, Guarente dan koleganya menciptakan tikus rekayasa genetika yang menghasilkan jumlah yang berbeda dari SIRT1 di otak. Satu kelompok tikus memiliki tingkat yang normal SIRT1, yang lain tidak memiliki SIRT1, dan dua kelompok memiliki SIRT1 ekstra – baik dua kali atau 10 kali lebih banyak seperti biasa.

Pada tikus yang normal dengan tingkat SIRT1, para peneliti menegaskan temuan  bahwa ketika siklus terang / gelap 12 jam terganggu, tikus muda menyesuaikan Circadian Rhythms jauh lebih mudah daripada yang lebih tua. Namun, mereka menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa tikus dengan SIRT1 tambahan tidak menderita penurunan yang sama dalam kontrol sirkadian dengan bertambahnya usia mereka.

Para peneliti juga menemukan bahwa SIRT1 diberikannya kontrol ini dengan mengatur gen BMAL dan JAM, dua penjaga utama dari jam sirkadian pusat.

Jika demikian, bisa ada kemungkinan untuk mengobati atau mencegah penyakit penuaan dengan meningkatkan fungsi Circadian Rhythms – baik dengan memberikan SIRT1 aktivator di otak atau mengembangkan obat yang meningkatkan bagian lain dari sistem kontrol sirkadian.

Leave a comment