Kanker Kulit Tidak Hanya Disebabkan Oleh Matahari!

Berbicara teCNI DC715 Kanker Kulit Tidak Hanya Disebabkan Oleh Mataharintang kanker kulit, banyak orang akan berpikir bahwa satu-satunya penyebab kanker kulit adalah sinar matahari. UVA dan UVB dari matahari memang bisa meningkatkan resiko kanker kulit, tetapi tidak semua kanker kulit disebabkan oleh sinar matahari.

Beberapa hal lain yang juga dapat menyebabkan kanker kulit, seperti tato, bahan kimia tertentu, seperti teknologi penyamakan tempat tidur, atau penyakit tertentu. Peneliti mengungkap beberapa hal lain yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit, seperti dilansir US News di bawah ini.

1. Lampu neon
Lampu ramah lingkungan sebenarnya mengandung sinar ultraviolet. Tapi ini bukan masalah karena ada lapisan untuk bohlam. Meski begitu, jika ada lubang di lapisan, sinar UV bisa menerobos keluar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis lampu dapat menghasilkan sinar UV, meskipun tidak ada penelitian telah menemukan hubungan dengan kanker kulit dan lampu ini.

2. Radiasi Sebelumnya
Kulit yang telah terkena radiasi atau terapi untuk beberapa jenis kanker lainnya memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kulit, menurut American Cancer Society.

3. Penyakit Parkinson
Sebuah studi dalam Archives of Neurology menemukan bahwa pasien Parkinson memiliki risiko tinggi mengembangkan melanoma, bentuk kanker kulit. Penelitian menduga bahwa gen yang menyebabkan penyakit Parkinson dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

4. Merokok
Penelitian ini juga menemukan hubungan antara hubungan antara merokok dengan kanker kulit. Dua penelitian menemukan bahwa kanker sel kulit yang lebih menonjol pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok.

5. Paparan bahan kimia
Paparan bahan kimia dapat diperoleh dari pekerjaan atau lainnya. Salah satunya adalah arsenik ditemukan dalam banyak pestisida pupuk industri, dan bahan kimia lainnya seperti parafin, tar, dan lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia dapat meningkatkan risiko kanker kulit non-melanoma.

6. Kendaraan
Studi menemukan bahwa kanker kulit lebih sering ditemukan pada salah satusisi tubuh karena waktu yang dihabiskan mengemudi. Karena salah satu sisi tubuh jauh lebih terkena sinar matahari.

Jangan hanya menyadari karena matahari, Anda juga harus memperhatikan hal-hal di atas untuk menghindari kanker kulit.

Leave a comment