Kentang, sayuran murah yang sehat

CNI DC715 - Kentang, sayuran murah yang sehatBerbicara sayuran, kentang sebenarnya adalah salah satu sayuran yang cukup gizi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE.

Dr Adam Drewnowski, Direktur Gizi Program Ilmu Pengetahuan di University of Washington melakukan penelitian mendalam pada 98 jenis sayuran dengan timnya. Termasuk lima sub-kelompok sayuran, seperti hijau tua, oranye atau merah, bertepung, kacang-kacangan, dan sayuran lainnya.

Dr Drewnowski menggunakan metode data profiling gizi dan harga pangan untuk mencapai indeks keterjangkauan daya beli. Akibatnya, sayuran berdaun hijau memiliki nilai gizi tertinggi, tetapi sayuran tepung (kentang) dan kacang sama-sama sehat dan lebih mudah didapat.

Menurut para peneliti, kentang adalah salah satu sumber terbaik potasium (seperti kacang). Kentang juga kaya serat, vitamin C, dan magnesium.

“Orang-orang selalu diingatkan untuk makan sehat. Namun mereka mengeluh tentang harga sayuran yang mahal. Bahkan, kentang tidak kurang sehat pada saat yang sama mudah dijangkau, “kata Dr Drewnowski, seperti dikutip dari Red Orbit.

Sebelumnya, sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa konsumsi kentang dikaitkan dengan peningkatan tingkat kalium dalam tubuh.

Kalium itu sendiri adalah salah satu nutrisi yang dapat membantu tekanan darah kontrol tubuh. Seperti yang Anda tahu, tekanan darah tinggi berhubungan erat dengan risiko penyakit jantung dan stroke.

Leave a comment