Makanan Berlemak Menyebabkan Kantuk

CNI DC715 - Makanan Berlemak Menyebabkan KantukSebuah studi menunjukkan bahwa makanan yang Anda makan tidak hanya mempengaruhi kesehatan tetapi juga oleh tingkat konsentrasi dan kantuk Anda rasakan setiap hari.

Studi ini menemukan bahwa mengonsumsi makanan berlemak membuat seseorang mudah merasa mengantuk di sore hari. Sementara makanan kaya karbohidrat menyebabkan peningkatan konsentrasi dan menghilangkan kantuk. Juga perhatikan tidak ada pengaruh makanan kaya protein mengantuk dan konsentrasi.

Hasil ini diketahui setelah mengamati kantuk dan konsentrasi 31 orang berusia 18 hingga 65 tahun yang tidak obesitas. Peserta adalah orang-orang yang memiliki pola tidur yang cukup dan normal. Kemudian para peneliti juga mengamati makanan yang mereka makan.

Hasil penelitian ini tidak termasuk faktor-faktor lain seperti usia, jenis kelamin, BMI, jumlah jam tidur, atau jumlah kalori yang dikonsumsi, seperti dilansir US News (10/05).

“Peningkatan konsumsi lemak memiliki efek buruk pada tingkat konsentrasi orang yang tidak terkena obesitas,” kata Dr Alexandros Vgontaz, profesor dari Penn State College of Medicine.

Studi ini menambahkan bukti hubungan antara jenis diet dan mengantuk. Diet tinggi lemak juga berhubungan dengan peningkatan risiko kanker dan penyakit jantung. Selain itu, Vgontaz juga menjelaskan bahaya yang mungkin dialami oleh individu karena kantuk yang mungkin terjadi sementara di jalan setelah makan lemak.

Leave a comment