4 Vitamin ini Penting Untuk Kesehatan jantung

CNI DC715 - 4 Vitamin ini Penting Untuk Kesehatan jantungJantung adalah salah satu bagian yang paling penting dari tubuh manusia. Untuk itu, kita perlu menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh. Olah raga saja tidak cukup, jika tidak didukung oleh asupan gizi yang baik untuk jantung. Berikut adalah vitamin yang dibutuhkan oleh jantung agar tetap sehat, seperti dilansir Boldsky(15/4).

1. Vitamin B
Suplemen Vitamin B seperti asam folat, vitamin B6 dan B12, secara tidak langsung mengurangi risiko serangan jantung. Darah memiliki asam amino yang disebut homosistein yang dapat mengurangi aliran darah melalui pembuluh darah, dan menginduksi sel menggumpal. Hal ini pada gilirannya menciptakan blok dalam arteri dan vena dan dampaknya memicu serangan jantung. Dalam hal ini, vitamin B membantu dalam mengurangi kadar homosistein dalam darah.

2. Vitamin E
Vitamin E dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 40 persen. Vitamin E ditemukan dalam bayam, kacang-kacangan, biji-bijian, merica, minyak zaitun, jagung, dan masih banyak lagi. Suplemen ini bertindak sebagai antioksidan dan melindungi darah dari timbunan lemak. Nutrisi ini akan menurunkan kolesterol jahat dan membantu menjaga kolesterol baik, sehingga menghindari gumpalan lemak dalam arteri dan menyebabkan aliran darah yang lancar.

3. Kalsium (Vitamin D) dan magnesium
Kalsium (Vitamin D) dan magnesium membantu menjaga kesehatan jantung dan mengatur denyut jantung tetap stabil. CoQ10 atau Coenzyme Q10 membantu mempertahankan tekanan darah dan membuat jantung sehat.

4. Omega-3 lemak asam
Ikan seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna, memiliki banyak omega-3 asam lemak. EPA dan DHA mengurangi risiko penyakit jantung dan pasien dengan penyakit jantung disarankan untuk mengkonsumsi suplemen yang sehat secara teratur. Pasien dengan trigliserida tinggi juga dapat mengkonsumsi omega-3 asam lemak untuk menjaga kesehatan jantung.

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda tidak hanya perlu mengkonsumsi cukup vitamin dan mineral, tetapi juga harus secara aktif terlibat dalam aktifitas fisik, yoga, meditasi dan pernapasan, dapat mengurangi penumpukan kolesterol dan lemak dalam tubuh.

Leave a comment