7 Fakta penting tentang kalsium

CNI DC715 - 7 Fakta penting tentang kalsiumKebanyakan kita mengasosiasikan kalsium dengan kesehatan tulang. Meskipun Anda tahu, kalsium juga penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf, pembuluh darah, dan kontraksi otot. Berikut ini adalah fakta-fakta penting lainnya tentang kalsium, seperti dilansir MadigMagic (8 April 2013):

  1. Produk Susu rendah lemak ditemukan mengandung lebih banyak kalsium daripada yang memiliki kandungan lemak lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi produk susu seperti susu, yogurt, dan keju yang rendah lemak.
  2. Kalsium akan diserap oleh tubuh pada malam hari. Karena pada malam hari, hati dan kelenjar tertentu yang paling aktif. Itulah sebabnya susu sering dikaitkan dengan minuman yang bisa membuat tidur lebih nyenyak.
  3. Meskipun saran asupan kalsium harian adalah 1.000 miligram atau lebih, jangan langsung minum yang banyak dalam satu waktu. Tubuh tidak bisa mengambil asupan kalsium terlalu banyak dalam satu minuman.
  4. Apakah multivitamin dan suplemen zat besi dan kalsium dapat diambil bersama-sama? Tidak, Anda harus memisahkan konsumsi kalsium dengan tablet vitamin lainnya sehingga mereka lebih mudah dicerna oleh tubuh.
  5. Susu dan produk susu bukan satu-satunya sumber kalsium. Jika Anda alergi terhadap produk susu, Anda bisa mendapatkan kalsium dari sayuran berdaun hijau dan almond panggang.
  6. Selalu minum kalsium dengan segelas air atau dengan makanan lain. Agar nutrisi tersebut dapat diserap oleh tubuh dengan sempurna.
  7. Kalsium membutuhkan nutrisi lain yaitu vitamin D sehingga bisa dicerna dengan baik. Cukupkan asupan vitamin D dari sinar matahari, diet, dan suplemen sehingga tubuh tidak perlu mengambbil kalsium dari tulang Anda.

Pastikan Anda memenuhi kebutuhan kalsium tubuh Anda.

 

Leave a comment