Perubahan Tubuh Saat Makin Tua

Semakin bertambahnya usia, tubuh dan pikiran Anda tentu mengalami perubahan, meski tidak terjadi pada semua bagian. Setidaknya ada 5 perubahan yang terjadi pada tubuh seiring bertambahnya usia.

Berikut perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh saat Anda semakin tua, seperti dilansir Medicaldaily, Selasa (11/9/2012):

1. Kulit kendur
Ketika usia Anda semakin tua, lapisan luar kulit juga ikut menua. Kulit menjadi kurang elastis, yang menyebabkan kulit longgar dan kendur, ditandai dengan garis haris dan kerutan.

Para peneliti di University of Rochester menemukan bahkan dengan prosedur kosmetik yang khas sekalipun, kulit tetap akan mulai kendur. Satu-satunya prosedur yang dapat memperlambat proses penuaan adalah implan tulang.

2. Membutuhkan waktu tidur lebih sedikit
Menurut studi yang dilakukan peneliti Inggris, orang yang semakin tua membutuhkan waktu tidur yang lebih sedikit. Dewasa tua usia 66-83 tahun tidur 20 menit lebih sedikit dibandingkan dengan dewasa muda usia 20-30 tahun.

3. Linglung
Menurut peneliti dari University of Toronto, semakin tua orang akan semakin linglung dan mudah lupa. Dengan bertambahnya usia, orang akan lebih mengabaikan tantangan. Hal ini berkaitan dengan berkurangnya kemampuan otak.

4. Kemampuan sel punca menurun
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2007, peneliti menemukan bahwa stem cell (sel punca) juga menjadi korban akibat penuaan. Semakin bertambah usia, kemampuan stem cell juga menurun. Peneliti berteori ini disebabkan karena stres dan peradangan.

5. Berkurangnya selera humor
Nenek-nenek sering digambarkan dengan wanita galak yang tak bisa diajak bercanda. Namun semakin bertambah tua bukan berarti Anda harus kehilangan selera humor. Menurut Prathiba Shammi, psikolog dari Baycrest Center for Geriatric Care, humor dapat meningkatkan kualitas hidup dan interaksi sosial.(Sumber)

Leave a comment