Buah dan Sayur yang Baik Dikonsumsi Saat Mentah

Selain buah, ada beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi saat mentah karena memiliki nutrisi optimal bagi kesehatan tubuh.

Segar memang baik. Hanya saja, ada kalanya makanan yang dimasak lebih baik bagi sistem pencernaan. Menurut para peneliti Italia, memasak (tergantung metodenya) dapat menjaga dan kadang mendongkrak nilai nutrisi dari sayur.

Hal ini sejalan dengan penelitian yang dipublikasikan British Journal of Nutrition. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang menjalani diet ketat makanan mentah memiliki kadar likopen di bawah rata-rata.

Likopen adalah antioksidan yang memberi warna merah pada sejumlah buah dan sayur. Selain itu, likopen memiliki bahan antikanker poten dan penurun kolesterol.

Dilansir Gebius Beauty, berikut beberapa buah dan sayuran yang baik dikonsumsi dalam keadaan mentah

Buah apel
Buah apel sangatlah baik, karena bahan yang datang dari alam dan alami, sehingga kita akan terhindar dari bahaya bahan kimia yang dihasilkan oleh pabrik jika dikonsumsi dalam keadaan mentah sekalipun.

Selain mencegah kanker, buah apel memiliki kandungan serat tinggi, hingga mencapai 20% dari kebutuhan harian jika Anda mengkonsumsi satu buah. Struktur daging buah yang keras membuat Anda harus mengunyahnya dengan telaten dan perlahan serta agak lama.

Ini membuat otak memberi sinyal kenyang pada pencernaan, dan mengurangi nafsu makan. Selain itu serat yang tinggi pada apel membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan begitu kadar gula darah dapat dijaga agar stabil, sehingga Anda bisa terbeas dari gejala diabetes.

Bawang Putih
Bawang putih mengandung allicin yang memiliki kemampuan melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung. Nah, memasak akan menonaktifkan enzim yang dibutuhkan untuk mendorong allicin.

Kecuali Anda suka mengunyahnya dalam kondisi mentah, peneliti AS merekomendasikan mencincangnya terlebih dulu dan mendiamkan sekitar 10 menit sebelum dimasak. Cara ini membuat enzim bekerja sebelum panas merusaknya.

Kubis
Studi menunjukkan, perempuan yang mengonsumsi empat porsi atau lebih kol kubis mentah atau yang dimasak sebentar seminggu selama remaja, 72% lebih sedikit mengalami kanker payudara dibandingkan dengan yang hanya mengonsumsi satu atau dua porsi seminggu. Konsumsi kol selama dewasa juga memberi efek perlindungan.

Brokoli
Brokoli, seperti disebutkan pada sejumlah penelitian, mengandung sulforafane, bahan kimia yang bertindak sebagai antikanker.

Namun proses memasak yang terlalu panas akan merampas bahan kimia tersebut. Panas akan merusak enzim dalam brokoli yang disebut mirosinase.

Selada
Sayuran pertama yang bisa dimakan mentah tanpa dimasak adalah selada. Menambahkan selada ke dalam salad bisa memberikan nutrisi terbaik bagi Anda, seperti zat besi, vitamin B12, dan serat yang tinggi.

Wortel dan buah bit
Kedua sayuran itu memiliki senyawa lycopene yang bersifat mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan mata. Studi terbaru menyebutkan lycopene bisa menghilang jika wortel atau buah bit dimasak dengan cara direbus. (Sumber)

Leave a comment